*...Aku hanya ingin cinta yang halal... Di mata dunia juga akhirat...♥♥* ^_^

Senin, 26 Juli 2010

TIPS MERAWAT LAPTOP AGAR TIDAK MUDAH RUSAK

Laptop merupakan barang elektronik yang paling dibutuhkan saat ini, khususnya oleh pelajar, mahasiswa dan praktisi kerja. Kerusakan pada laptop dapat mengganggu produktivitas penggunanya. Kerjaan berantakan, data – data hilang dsb. Anehnya, hasil survey salah satu perusahaan laptop terkemuka di korea menyatakan bahwa 68% kerusakan laptop disebabkan oleh kesalahan penggunaan dan perawatan. Berikut ini tips2 yang dapat menghindari kerusakan dini pada laptop anda dan dapat menjaga keawetan laptop anda :

1. Hati-hati saat Browsing / BerInternet
Banyak memang freeware yang tersebar luas di internet. Banyak yang bermanfaat, namun tidak sedikit pula yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada laptop kita. Scan dahulu program2 gratis yang anda download sebelum anda menginstalnya..Karena virus, worm dan threat2 lainnya paling suka menginfeksi freeware sebagai media penyebarannya.

2. Perhatikan penggunaan Laptop
Jangan gunakan softcase atau sarung laptop saat berlaptop ria. Bagusnya lagi, selalu pakai cooling pad! Sesuaikan posisi fan cooling pad dengan ventilasi udara di bagian bawah laptop agar sirkulasi udara sesuai dan suhu terjaga. Prosesor yang terlalu panas bisa terbakar, beneran loh! Terus jangan langsung tutup laptop setelah digunakan. Suhu laptop masih panas, dan udara panas yang terjebak bisa berimbas pada layar yang rusak. Jangan memangku laptop anda saat menggunakannya. Lubang vetilasi laptop bisa tertutup dan menyebabkan overheat pada laptop. Akibatnya umur laptop menjadi berkurang secara signifikan.

3. Perhatikan kebersihan Laptop
Selalu jaga kebersihan laptop Sekecil apapun debu yang masuk pada laptop kita dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Debu dapat menyebabkan korosi pada bagian metal conector laptop dan berpotensi menyebabkan hubungan pendek pada laptop. Jika Layar LCD Laptop Kotor/ ada debu, usahakan membersihkannya dengan pembersih yang emang untuk / khusus Pembersih (Cleaning) laptop, Usahakan tidak menggunakan tisue, sapu tangan atau kain yang tanpa sengaja dapat membuat Layar rentan tergores.

4. Perhatikan keamanan Hardisk
Jangan selalu mengangkat-angkat atau memindahkan Laptop dalam keadaan sedang menyala. Harddisk gampang tergores, dan layar rentan terhadap tekanan. Jangan memindah-mindah kan laptop saat sedang digunakan, karena head harddisk akan berbunyi dan menggores cylinder saat sedang bekerja sehingga akan berakibat fatal. Jika head hardisk sudah tergores, maka akan mengakibatkan Hardisk rusak dan Laptop tak dapat digunakan. Ada baiknya jika ingin dipindahkan dalam keadaan lumayan jauh, Laptop di Sleep kan saja dahulu.

5. Perhatikan Batterai Laptop
Segera lepaskan konektor charger saat baterai fully-charged. Rata-rata, ngecas kelamaanlah yang menjadi penyebab layar laptop cepat rusak, dan umur baterai juga jadi cepet drop. Gunakan stabilizer Jika anda sedang memakai laptop tanpa baterai, maka gunakan stabilizer agar laptop tidak rusak akibat perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.

6. Perhatikan Keyboard Laptop
Pakailah keyboard protector. Celah-celah antar tombol laptop merupakan pintu masuk menuju komponen dalam laptop. Debu saja sudah bisa jadi masalah, apalagi kalo sampe cairan semacam kopi yang selalu menemani programming. Jangan lupa, keyboard protector yang baik tidak mengganggu tangan saat mengetik, tidak merusak permukaan tombol keyboard, dan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik. Lebih bagus lagi jika Keyboard protectornya itu berbentuk texture, jadi seperti tidak memakainya. [tapi lebih mahal loh, dari yang biasa :P xexexexe]

7. Perhatikan tempat bermain
Jangan memakai laptop di atas permukaan yang lunak. Karpet, sofa dan tempat tidur adalah tempat favorit yang sering kita gunakan sebagai alas saat ber-laptop ria. Namun tahukah anda jika laptop bisa lebih cepat panas jika dipakai di tempat yang empuk? Hal itu karena ventilasi laptop akan tersumbat sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa ditransfer keluar.
Jauhkan juga laptop dari benda-benda bermagnet kuat. Termasuk juga pengeras suara , alat berat atau alat getar lainnya, sinar x-ray di bandara. Jeleknya, kalo nonton tv sambil laptopan. Gak hemat energi juga kan? Hindari sinar matahari langsung.

8. Perhatikan pada sambungan jaringan
Suka nge-LAN? Berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel RJ-45 atau konektor lain ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

9. Perhatikan waktu bermain
Laptop juga butuh istirahat! Istrirahatkan laptop untuk beberapa menit. Jika tugas atau kerjaan sedang menumpuk, seringkali laptop harus ikut bekerja keras sepanjang malam. Istirahatkan laptop anda 20-30 menit sebelum dipakai lagi supaya kondisi laptop tetap optimal.

10. Perhatikan penyimpanan dan Aturan mematikannya
Saat laptop tidak digunakan dalam waktu yang agak lama, simpan laptop dalam tas dan masukkan silica gel. Silica gel ini berguna untuk menyerap air atau kelembaban. Bila perlu, lepas baterai. Masukkan ke kantung plastik tertutup, bisa juga disimpan di kulkas.
Jika selesai menggunakan Laptop, hendaknya mematikan sewajarnya, Jangan menutup Laptop jika Lampu Turn off pada keyboard belum mati, itu akan mengakibatkan masalah pada hardisk.


Nah.. gimana? dah paham? dah tau masalah yang sering membuat Laptop kamu rusak??
Sekian Tips-tips yang dapat saya berikan ^__^
Sebagian saya dapat dari pengalaman-pengalaman saya dalam merawat dan menggunakan laptop :D, sebagian lagi hasil Sharing teman-teman di Internet :P So, Ini semua adalah Tips dalam Merawat Laptop [Khususnya Extern Hardware] Kalau untuk dalammnya [Intern Software, Program] Hmm.. Next Tips deh yah :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar Anda, tolong jangan menggunakan Pengguna Anonym ;-)